Selamat Datang Di Blog All Of Cinta
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog All Of Cinta,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Pintar Menjadi Pintar

Menjadi Pintar memang merupakan keinginan setiap orang, karena mungkin banyak orang berpikiran bahwa menjadi orang pintar akan bisa memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Anda pun pastinya termasuk orang yang ingin Menjadi Orang Pintar. Tapi bagaimana Cara Menjadi Pintar yang bisa anda lakukan?.

Setiap orang bisa menjadi pintar, karena sebenarnya tidak ada istilah orang pintar dan orang bodoh, yang ada orang malas dan orang rajin. Seseorang dikatakan pintar adalah orang yang berhasil mengatasi rasa malasnya untuk belajar dan mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kepintaran diperoleh bukan dengan cara yang instan tetapi melalui berbagai proses juga. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat Anda pintar. Berikut Cara Pintar Menjadi Pintar yang bisa anda lakukan:



Bagaimana cara menjadi pintar? Caranya sebagai berikut: 

1. Melatih Otak
Otak memang sama dengan tubuh, dimana anda harus memberinya latihan serta olahraga. Hal tersebut tentu saja agar membuat otak menjadi semakin kuat. Untuk latihan potak terbaik sendiri adalah anda bisa mengkombinasikan angka serta kata, bermain teka-teki silang lalu anda juga bisa bermain sudoku. Untuk seorang akademisi, memecahkan masalah matematika adalah cara efektif utnuk bisa menjaga vitalitas otak, sedangkan membaca merupakan cara untuk mempercantik otak. Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah mengambil sesuatu ke tangan kiri lalu menggantinya dengan tangan kanan (jika anda kidal), cara ini akan membuat otak mendapatkan tantangan baru.

2. Mengubah Pola Pikir
Untuk menjadi pintar dan cerdas anda harus mengubah pola pikir. Bagi beberapa orang yang memiliki pola pikir sama, akan memberikan rasa percaya untuk tidak berbuat lebih banyak. Dengan hal tersebut maka anda harus mengembangkan pola pikir agar anda bisa memungkinkan untuk percaya anda bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Keyakinan pun merupakan hal yang cukup penting, dengan hal tersebut maka bisa menentukan bagaimana seseorang bisa berpikir tentang kemampuan, dunia serta respon terhadap suatu tantangan.


Selain itu ada kebiasan-kebiasan yang bisa anda ubah, agar anda bisa menjadi lebih pintar, kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat anda lebih pintar bila anda mengikuiti tips dan cara-caranya.

1. Biasakan untuk membaca
Membaca adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Dengan membaca kita akan sering melatih otak kita untuk bekerja dalam memahami isi bacaan yang kita baca. Semakin banyak Anda membaca semakin banyak wawasan dan ilmu baru yang Anda peroleh.

2. Biasakan menonton Acara TV Yang Mendidik
Televisi adalah media informasi yang sering kita jumpai tiap harinya. Menonton televisi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang baik itu di kota maupun di desa. Tetapi sangat disayangkan acara televisi sekarang telah didominasi dengan acara-acara yang kurang mendidik. Sehingga kita harus pintar-pintar memilih acara televisi yang baik untuk kita. Pilihlah acara televisi yang mendidik agar pengetahuan Anda dapat bertambah pula. Walaupun didominasi oleh acara yang kurang mendidik, tetapi masih ada stasiun televisi yang menayangkan acara yang baik sekaligus mendidik untuk kita tonton.

3. Biasakan Memainkan game dan Olahraga yang Mengasa Otak
Jika Anda suka bermain game, cobalah untuk memilih game yang dapat merangsang otak Anda untuk bekerja. Sekarang banyak produsen game membuat game yang dapat mengasah otak. Begitu juga dengan olahraga, seperti catur, panahan, dan tembak menuntut kita untuk fokus dan berkonsentrasi. Seorang olahragawan biasanya dapat berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat sehingga kegiatan ini cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

4. Cobalah untuk Melawan Rasa Takut dan Keluarlah dari Zona nyaman Anda
Terlalu lama di zona nyaman menjadikan Anda pribadi yang tidak berkembang dan kemampuan yang Anda miliki terbatas. Sebisa mungkin tiap harinya motivasi diri sendiri untuk dapat melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Lawan rasa takut Anda, jangan terlalu lama untuk berpikir. Terlalu lama untuk berpikir hanya akan membuat rasa takut Anda semakin besar dan pada akhirnya Anda batal untuk melakukan hal tersebut.

5. Cobalah belajar seni dan musik
Tidak ada salahnya Anda mempelajari musik dan belajar memainkan salah satu instrumen musik. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan belajar musik dapat menambah tingkat kecerdasan seseorang. Musik digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kita. Oleh karena itu, sekarang banyak sekolah yang memasukkan materi musik dalam proses pembelajarannya.

6. Biasakan Bergaul dengan Orang yang Pandai
Berinteraksi dengan orang pandai yang perlu diingat adalah memiliki sifat mau mendengar dan mau untuk belajar dari mereka. Dengan berinteraksi dengan mereka kita akan tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir mereka. Hal tersebut dapat memotivasi kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi untuk menjadi lawan bicara yang seimbang bagi mereka.

7. Biasakan Memberikan opini tentang berita terbaru
Memberikan pendapat dapat merangsang otak kita untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu berita. Dengan memberikan pendapat kita juga bisa menambah kemampuan otak dan melatih otak kita agar selalu aktif terus walaupun usia sudah tidak lagi muda.

8. Jangan Lupa Istirahatkan Otak
Bukan hanya tubuh yang perlu kita istirahatkan tetapi otak juga perlu kita istirahatkan. Gunakanlah waktu istirahat dengan sebaik-baiknya tanpa memikirkan hal-hal membuat kita tidak tenang alias gelisah. Cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita adalah dengan tidur, mengistirahatkan otak juga dapat mengembalikan kemampuan otak seperti awalnya sehingga siap kita gunakan lagi untuk berpikir kembali.

9. Cobalah untuk Mengaplikasikan ilmu yang telah Anda pelajari
Dengan mempraktikkan ilmu yang telah kita peroleh, dapat membuat ilmu itu melekat dan tidak akan lenyap dari otak kita walaupun kita masih perlu belajar lagi, cara ini cukup efektif untuk terus mengembangkan kemampuan otak Anda.

10. Biasakan Mengonsumsi makanan yang Menyehatkan
Asupan gizi juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan kecerdasan kita. Perbanyak makan makanan yang dapat menyehatkan otak kita seperti ikan laut, daging tanpa lemak, sayuran, buah, susu, dan lain sebagainya. Bahan makanan tersebut banyak mengandung senyawa kimia yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak kita.


Demikian tips dan trik mengenai Cara Pintar Menjadi Pintar, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog saya All Of Cinta.

Enter your email address to get update from All Of Cinta.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. ALL OF CINTA - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger